LEmbAg@ MuSIK SamAWa

Senin, 01 Agustus 2011

POP SUMBAWA Vol.2



Sebelumnya kami ucapkan SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1432 H kepada seluruh umat muslim di seluruh jagat ini
Album Pop Sumbawa Vol.2 adalah album yang bisa di sebutkan salah satu album yang banyak mengispirasi album-album musik Sumbawa berikutnya.Album ini di luncurkan pada tahun 1982 setelah
album Pop Sumbawa vol.1 yang berlabel SAMAWA BALONG KU TOTANG.(postingnya menyusul).Album ini memang sangat jadul banget,lebih kurang 29 tahun yg lalu.He…he..he…
Tidak heran jika lagu-lagu di album ini, sound2 yang di mainkan sangat amat "tempoe doloe" sekali.Tapi jangan salah... walau demikian.. jika ditilikdari kwalitas musik yang dimainkan, album ini bisa di bilang cukup bagus.Karena para personenya menyajikan musik mereka dalam format full band.Atau karena mungkin di jaman itu belum ada alat-alat musik canggih kali ,semacam keyboard seperti jaman sekarang yang bisa mewakili para pemusik buat bermain Solo.Tapi justru karena keadaan yang demikian itulah rata2 para senior kita di jaman lampau, mampu menghasilkan karya-karya besar & melegenda di kuping kita.Ya si kan?
Sip.Coba kita kembali ke album Pop Sumbawa Vol.2 ini.
Album ini di produseri oleh Siti Hawa&Bapak Ahmadi beliau adalah Bos dari Seroja Grup, yg merupakan  tempat seniman2 sumbawa kala itu bernaung.Seroja Grup selama sejarah perjalanan musik di Sumbawa, telah banyak melahirkan penyanyi dan pencipta lagu yanag sampai saat inipun sebagian dari mereka masih berkiprah di dunia musik Sumbawa.
Untuk proses rekaman album POP SUMBAWA Vol.2 ini menurut catatan yang ada,tidaklah di tempat yang asal-asalan.Album ini proses rekemannya di studio NAVIRI record Jakarta.Siapa tidak kenal dengan NAVIRI Record Jakarta. Kalau untuk ukuran saat ini di Indonesia,samalah seperti Sony Music atau BMG kira-kira.Ini bisa di bilang sangat luar biasa.Pasalnya di jaman  itu,Artis2 daerah Sumbawa tlah mampu membuat rekaman musik berstandar audio Nasional .Dimana saat daerah2 lain di NTB khususnya, mungkin belum berpikir ke arah itu..
Untuk lagu2 di album ini,kayaknya tidak ada lagu yang menjadi  unggulan.Karena memang kesemua lagu2nya pada top.He..he…atau  mungkin karena memang tlah melegenda  di kuping.Tau Samawa(Orang Sumbawa) siapa yang tak akrab dengan lagu2 semacam, SALING PAJELE,KU NOTANG(yang kemudian di liris ulang dan di bawakan kembali okeh penyanyi lawas YUNI SHARA di album kedua dari produksi YARITA),RAMANJENG,NANGIS NO PENANG,SUMIR DALAP,10-4-81,PIO ODE-ODE,PAKARAP,KATUPA-KATAPA,DADARA ATE,PENDI JANGI dan BASUNGU DALAM PARANGAN.Selain memang dari kekuatan sebagian besar dari lirik2 lagunya  yang sarat dengan “LAWAS”lama (Puisi Khas Sumbawa),juga karena musiknya yang bergengre pop khas di masa itu.Bahkan bisa di bilang jenis musik album ini lebih  mengarah  ke arah pop Jazzy.Betapa indah ketika kita mendengar lagu RAMANJENG(berpacaran) yang di lantunkan duet apik Yoseph Billi&Rita Erna.Kemudian lagu PAKARAP(pengharapan) yg terkenal dengan lirik2 indahnya. pas sekali di dilantunkan Rita Erna.Padahal Rita Erna sejatinya bukan orang Sumbawa,tapi dia adalah gadis dari ibukota saat itu, yang coba di rekrut oleh para personel VG Samawa.Tapi beliau begitu fasihnya mengucapkan bait2 Lawas Sumbawa.Apalagi  pada lagu PENDI JANGI Rita Erna kembali berhasil merebut  hati pencinta lagu Sumbawa dengan suara lembutnya  dan amat syahdu.Pastinya kesemua lagu2 di album kenangan ini layak untuk di simak ulang kembali.
Namun sayang,lagu2 di Album ini sangat minim notasi-notasi  khas Tau Samawa(Orang Sumbawa) yang memang telah menjadi ciri khas Sumbawa.Seperti Notasi,SEKECO,ULAN,GANDANG,BADEDE dll yang merupakan warisan para pendahulu Samawa Notasi2 tsb .hampir tdk terdengar di album ini.Tapi mungkin karena itulah barangkali,album ini mengangkat judul sampul albumnya POP SUMBAWA.Walau  demikian ada juga satu lagu yang  memainkan alat tiup Serune. Seperti yang kita bisa dengar di lagu pembuka album ini SALING PAJELE.
Para personel yang memperkuat album ini.terdiri dari para senior2 seniman Sumbawa pada masa itu.Diantaranya,Lick Matano,Boy,Dicksy sebagi arranger musik,Sedangkan para pengisi  vokalnya yaitu Rita Erna,Yoseps Billi,(almarhum)Irwansyah(Lalu Ayuk),serta Lick Matano Sendiri.
Lengkapnya untuk player di album ini terdiri dari Lick Matano yang memainkan Guitar,Mandolin,Serunai(alat  music tiup Sumbawa),Perkusi, Boy Abimayu pada Bass,keyboard,syntheizeeser Rhodes,electric piano.Kemudian Guitar Utama,String,nylon,banjo di mainkan Dicky Iskandar. Sementara utk additional player yaitu Andy Rahman Aws(almarhum).Oya,utk tambahan,operator Naviri recordnya Bpk Mamat R
Sedang para pencipta lagu2 di album ini,  seniman senior  sejati Sumbawa Bapak Mus Biawan,masih mendominasi untuk karya2nya.Selain ada juga Yanto Icaq,Lick Matano,Senda maras grup,Kalex paraira,Nyile Samawa,Darmawan,Macan Tutul Combo Grup,Yoseph Billi,Jahon S  dan Nora MM.
Yang jelas, lepas dari kekurangan dan tentunya banyak sekali  kelebihan yg di punya dari album POP SUMBAWA VOL.2 ini,tentunya telah banyak memberikan inspirasi buat kami generasi  muda Sumbawa.Satu catatan bagi kami,mereka para pendahulu itu telah mampu membuat lirik2 indah dan mampu rekaman di tingkat Nasional dengan kwalitas audio terbaik saat itu, serta musik yang di usung  tidak kalah bagusnya.Harusnya generasi sekarang ,para seniman juniornya harus lebih baik dari apa yang pernah mereka.lakukan.
Semoga!
Buat pengunjung blog Lembaga Musik Samawa yang setia,untuk 12 lagu full di album tsb ,kami dengan bangga menyediakan link downloadnya.Walau rekamannya pada kacau kesana kemari,tapi itulah koleksi terbaik yang kami punya.Lagi pula  itu menandakan kalau lagu2  di album tsb memang betu2 jadul .
1 SALING PAJELE       Cipt.Mus Biawan                    Vokal: (alm)YOSEPH BILLI
2.  KU NOTANG            Cip.Lick M &Nora MM          Vokal: RITA ERNA
3.  RAMANJENG            Cipt.Yanto I&Nyile Samawa    Vokal: (alm)YOSEPH BILLI
4.  NANGIS NO PENANG    Cipt.MacanTutulComboGrup  Vokal: RITA ERNA
5 SUMIR DALAP    Cipt.YOSEPH BILLI               Vokal: IRWANSYAH(AYUK)
6.  10-4-81               Cipt.Yanto Icaq                       Vokal: YOSEPH BILLI
7.  PIO ODE-ODE        Cipt.Mus Biawan                    Vokal:  LICK M&RITA ERNA
8 . PAKARAP         Cipt.yanto Icaq&Darmawan    Vokal: RITA ERNA
9.  KATUPA-KATAPA Cipt.Mus Biawan                     Vokal :IRWANSYAH(AYUK)
10.DADAR ATE       Cipt.Kalex Paraira                    Vokal :YOSEPH BILLI
11.PENDI JANGI     Cipt.Senda Maras                    Vokal :RITA ERNA
     PARANGAN         Cipt.Lick M&Jahon S             Vokal :YOSEPH BILLI

6 komentar:

Anonim mengatakan...

gak da yg bisa d download, kok ngasi link mati sich

s19ar mengatakan...

maaf mas anonim..kita kmarin nyimpannya di ziddu.
kebijakan ziddu,biasanya kalau tidak ada lagu yg di download selama sebulan, ato..brapa mungkin .lupa,maka link nya akan di hapus
maaf atas ke tidak nyamanan ini.
blog lembagamusiksamawa ini.sbentar lagi akan membeli domain sendiri.Jadi koleksi lagu2 yang ada,akan di lengkapkan.
trima kasih sdh berkunjung ke blog kami. salam knal
dan skali lagi kami mohon maaf.

rasta mengatakan...

mantabz..... mari kita bangun sumbawa dan bangga menjadi warga sumbawa.....salut mas untuk blognya...

rasta mengatakan...

klo boleh usul gimana klo dimasukkan ke 4shared, fileupload atau apalah...biar linkx bisa di DL.... thankz bro...

rasta mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
rasta mengatakan...

salam kenal bro...

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates