LEmbAg@ MuSIK SamAWa

Minggu, 15 Mei 2011

LoSonK

Inilah salah satu lagi album lokal Sumbawa yang proses rekamannya di Jkt. Album ini diluncurkan sekitar akhir 2003,serta proses rekamannya  lebih awal dari Album Raja Sapuan-MataAnoles.Banyak kalangan yang mengatakan,kalau
album ini banyak berisi lirik-lirik indah yg menjadi penopang pada lagu-lagunya.Meski  liriknya memang tdk  berbentuk “LAWAS”(sejenis puisi Sumbawa) baku Samawa, yang terdiri dari 3 baris. LOnto EnGal ( komunitas seni org Sumbawa di Mataram) yg menjadi tempat perguruan sang pentolan album ini Epun Gera,memang tak bisa di pungkiri,sangat  berperan domonan untuk menjadikan album ini mendapat respon positif di telinga penikmat musik Samawa.Untuk penggarapan musiknya Epun Gera bekerja sama dengan Julie salah satu personel grup band rock Rajawali di era 90an,yg notabene putra Samawa yg selama ini telah lama meniti karir di Jakarta.
Lagu yg menjadi unggulan di album Losonk ini salah satunya yang bertitel  KEMANG KUNING, sukses di bawakan begitu indah oleh Ewi. Dengan menggunakan voice 'losong" (alat tiup dari batang padi) pada intro lagunya Kemang Kuning ini klop sekali ketika di padu dengan musik gaya klasik Eropa di bagian interludenya.Serta lagu REMBAN PANUNGKAS yg pas sekali di bawakan oleh Wahyu.Sedangkan suara emasnya sang PentolanLosonkEpun Gera yg sangat kental dengan “pengare”(rintihan)Samawanya, bisa di nikmati di lagu RENTENG MALINO&TANGAR DO .Sedangkan lagu-lagu lainnya, Epun Gera, Ewi&Wahyumereka bertiga trio saling membagi vokal dengan apik.Pada intro awal lagu SUMPENG KEMANG contohnya anda dapat menikmati alunan 'Ulan"(nyayian khas Sumbawa) dengan soul yang sangat tinggi dan menyentuh.Kemudian pada.lagu ELA BATE TARANG TAJO yang isinya sangat memberi pesan penyemangat kepada tau Samawa  agar azas GotongRoyong atau solidaritas susial yang pernah ada pada kita Tau Samawa tetap terpelihara selamanya di Tana Samawa.
Lepas dari kekurangan dari album ini yg pengucapan syair atau lyrik2 yg kurang jelas terdengar,terutama untuk vokalis ceweknya,tentunya tidak mengurangi kwalitas yang mumpuni yang di punya album LosoNK tsb..Dan jelas sekali album ini telah memberi nuansa baru di blantika musik Samawa terutama dari sisi lirik dan unsur musikalitasnya.
Umin srea pecinta album Sumbawa khususnya serta para pecinta Musik umumnya,album inisepertinya layak mendapat apresiasi!
Sedangkan untuk mendownload lagu-lagu di album Losonk ini silahkan diklik aja link di bawah ini:

3 komentar:

Rengga Chatiano mengatakan...

bagus....mantaff pa igar

Lembaga Musik Samawa mengatakan...

Thanks mas Rengga.ini br qta mulai.Insya Allah kedepanx masih bnyak edisi2 yg mengupas ttg album musik yg pernah ada di Sumbawa.Sumbangan pemikiran atu apa aja dr sluruh pengunjung blog ini,kami sangat harapkan.skali lagi Trims buat anda

Walh mengatakan...

Hidup selalu, jaya lah slalu.. updete lg dong pak

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates