LEmbAg@ MuSIK SamAWa

Kamis, 19 Mei 2011

LoSOnK. 2nd Inpiration For Losonk

Losonk 2 adalah sebuah album Sumbawa yang penggarapan musiknya bisa dibilang paling sempurna diantara album-album yang pernah ada diSumbawa. Album ini diliris dan diluncurkan pada...
awal 2010, album yang langsung diproduser sendiri oleh sang empunya album yaitu Epun Gera, mengangkat judul sampul albumnya “DIDA DIDO . 2nd  inspiration For Losonk “. Hampir sempurna karena dari segi musik,lagu-lagu di album ini sangat kaya akan nuansa sound bagus.Apalagi penggarapan musik di album ini menggunakan 4 studio rekaman di ,Sania Studio buat tracking vocal lagu PASAMADA,MAGITA,TUMBA-TUMBA dan MATA BALONG.Tu7uh Studio buat tracking vocal RUNGAN NYONDE,KEMBAN RASATE serta BILIN MANDANG.Sedangkan untuk tracking drum bersama drummer grup band ternama  Okky ANdra The Backbone,dikerjakan di studioMaleeh Soundlab. Sedangkan buat tracking keseluruhan dari album “Dida Dido”  bertempat di Purplehaze Studio.Yang ke semua studio tsb berada di Jakarta.
Untuk vokalis  pada album LOSONK2, Epun Gera masih mengunakan personel yg sama seperti pada album Losonk1.Antara lain Ewi seorang vokalis Sumbawa  yg vokalnya mirip Celine Dion serta Wahyu dan tentunya sang motor,EPun Gera.Walau untuk suara krennya Wahyu  tdk bisa kita dengar dgn jelas di album ini.layaknya jika kita mendengar suaranya pada Losonk1.
Dari seluruh lagu yg ada,semua di ciptakan  sendiri byEpun Gera serta dua buah lagu lainnya di ciptakan bersama Ricko Balong.
Sedangkan utk penggarapan musik Losonk 2,Epun Gera bekerjasama dengan Robby(additional player D’massiv-yg merupakan putra daerah Sumbawa),Omar(gitaris band Jackpot) serta Okky drumer dari grup band Andra The Backbone.Di tambah Julie(keyboardis grup band rock Rajawali) di lagu BILIN MANDANG
Jadi tak bisa di pungkiri jika lagu2 di album LOSONK 2 ,musik serta sound yg di mainkan pantaslah di acungi 2 jempol,karena keterlibatan pemusik2 nasional tadi.Walau demikian,unsur etnis kedaerahan yang menjadi bagian terpenting ciri khas dari semua album LOSONK,tetap di pertahankan.
Sayangnya album ini hanya berisi 8 lagu.lebih sedikit dari pendahulunya LOsonk1 dgn 10 buah lagu.
Lagu2 yg menjadi unggulan di album ini di antaranya MAGITA,kembali Ewi sukses membawakan karya  siEpun Gera tsb.Lagu yg menceritakan perasaan seorang perempuan yg begitu kuat demi mengungkapkan cintanya pada seorang lelaki (walau terasa tabu di masy.Sumbawa)ini,terasa sekali notasi alunan “sekeco”nya yang merupakan kesenian khas Sumbawa.Lyrik ini berada di bait “selong lalo we sia ta tu ajak mandang noroa…”Sedangkan lagu TUMBA-TUMBA yg musiknya bisa di bilang paling keras dlm album tsb,.tentu dengan irama asyik yg ngeRock,funky ,mampu mengajak kita bergoyang.Apalagi lagu ini menceritakan tentang permainan anak2 jaman dulu yg baru saja punah setelah adanya permainan anak2 jaman sekarang seperti play Station Ps,game on line internet dll.sangat sesuai dgn musik& lyric yg ada di dalam lagunya.Kedua buah lagu tsb musiknya di Arranger Robby&Omar.
Sedangkan untuk lagu DIDA DIDO(TITAN) ,lagu yg di gadang menjadi sampul dari album LOsonk 2 ini,Jelas sekali terasa warna drum Okky Backbone yg ngerock namun ttp soft pada lagu tsb.Musik dengan nuansa Rock manis sangat dpt kita rasakan,walau tentunya tanpa mengurangi pesan2 dari lyrik lagu yg mengajak kita utk tidak menyia-nyiakan anak yg merupakan titipan dari SangKhalik.Seolah-olah Okky Backbone sang penggarap musik dengan warna khasnya dia, dapat merasakan makna lyrick “Totang gama mela ka tu ampar kewa aimata..Timang sanompo masa kasear mara remben ano jaga.Totang gama bining ka tu tanam dalam parana…..”
Suara khas “pengare”Epun Gera dpt kita dengar tentunya di lagu BILIN MANDANG.dan  kedelapan lagu  yg ada di album ini seperti MATA BALONG,KEMBAN RASATE,PASAMADA dan RUNGAN NYONDE.Yang kesemuanya lagu-lagu tsb  layak mendapat tempat di hati para pecinta musik Sumbawa khususnya,dan pecinta musik Nasional umumnya!.Karena nuansa soft &soul album ini tetap terasa. 
Nah..utk pengunjung blog LMS .Jika anda penasaran dgn lagu2 di album Losonk
2 ,kami menyedikan link buat di download.
Tapi jangan lupa utk menghargai hasil karya  seni anak Samawa donk,tentu dgn selalu membeli CD audio aslinya,yg jelas kwalitas audionya lebih jernih&padat.Silahkan berkunjung ke situs resmi Losonk di http://losonk.blogspot.com/


silamo download...

1.MAGITA
2.BILEN MANDANG
3.KEMBAN RASATE
4.MATA BALONG
5.DIDA DIDO(titan)
6.PASAMADA
7.RUNGAN NYONDE
8.TUMBA TUMBA 

5 komentar:

Syam Shoel mengatakan...

bentan su' yg acoustik by epun tu gk ada.....
cari dimana tu???

Lembaga Musik Samawa mengatakan...

Salam kenal buat Syam n trims sdh mngunjungi blog LMS ini.
Bentan Su dari vokalnya Epun Gera,lagu itu ada di album Lonto Engal vol.1 tahun 2000. Rekaman di RRI Mataram.Yang jelas LMS punya koleksinya satu Album penuh.Insya Allah dlm waktu dekat postingnya menyusul.Di tunggu saja.
Dan kami jg mngharapkan jika ada lagu2 karya anak2 Sumbawa yg di miliki tmn2,sudilah kiranya Share ke LMS.Trims b4

Anonim mengatakan...

ass..LMS serta sanak soai selaki,maras tu barema batompok pang blog ta,insyallah adat tanah samawa no akan tu kalupa.budi kurnia taruna ALAS.thank

Anonim mengatakan...

Sip sanak Anonim. setuju. maras2 lagu Samawa ta.matu batompok tu karante perkembangan musik Samawa pang blog ta.
Tapi napa namanya Anonim siyy...

Anonim mengatakan...

Oo rama pno.. Ste ku ktoan singin lagu ta
-sing-
Belo jangi tubalangan, mara tu layar let rea.
Nan kamula syair na. Lmen ada de to judul/ link mp3 ne. Ma tulung ku... Sia share. Apa kuberi bnar lgu nan . trims

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates